Facebook advertising merupakan primadona dan gengsi tersendiri di dunia digital marketing. Bagi yang menguasainya, sudah merupakan modal besar untuk berjalan dan mengais rejeki di bisnis online bahkan offline.

Taukah anda bahwa advertising / marketing merupakan salah satu elemen bisnis yang tidak bisa dipisahkan dalam satu kesatuan bisnis. Jika advertising ditiadakan, tentu saja roda perputaran bisnis akan terasa berat sekali.

Mulai dari beginner sampai expert dalam bisnis online telah banyak memanfaatkan facebook ads untuk membantu pengembangan bisnis mereka. Banyak yang berhasil namun tidak sedikit yang gagal.

Di zaman ini, telah banyak sekali ilmu yang mengajarkan teknik facebook ads namun tetap saja masih banyak yang belum berhasil memperaktakan dan menguasai teknik facebook advertising tersebut.

Saya sendiri melihat hal tersebut bukan karena tekniknya sudah nggak working, namun lebih kepada mindset yang kurang tepat. Berikut adalah beberapa mindset yang menurut saya kurang tepat yang banyak saya temukan pada teman-teman saya yang masih belum berhasil menguasai facebook ads.

1.      Jualan lewat Facebook Ads Pasti Untung

Mindset ini banyak sekali dimiliki oleh teman-teman yang sudah mencoba facebook ads namun gagal. Udah spent ratusan ribu bahkan sampai jutaan, namun merugi.

Banyak yang memiliki pikiran media yang berbayar berbayar tentu lebih untung dari pada yang tidak berbayar. Padahal kenyataannya belum tentu demikian.  Banyak yang babak belur dengan menggunakan media ini..haha lebay yah..

Media yang tidak berbayar (facebook personal) ataupun media yang berbayar (facebook ads) masing-masing-masing punya peluang untung yang sama, namun ketika anda menggunakan facebook ads, anda bisa “scaling” keuntungannya dengan mudahnya. Jadi Facebook ads sebenarnya adalah daya ungkit / leverage, bukan alat pasti untung… hehe

2.      Jalan Dulu Sambil Belajar

Nah kebanyakan seorang pembelajar trial error punya mindset begini. Namun sayangnya mereka lupa. Facebook adalah media berbayar yang mudah teknisnya namun kompleks sekali prakteknya. Ketika mereka tanpa dasar bermain facebook ads maka bisa jadi mereka nggak dapat apa-apa, namun sudah menghabiskan uang jutaan. Bukankah ini sayang sekali?

Paling tidak sebelum mereka terjun menggunakan media facebook advertising, mereka harus tau apa yang harus dilakukan, tahap-tahapannya apa, testing dan mengetahui produk itu layak atau tidak, testing campaign apakah campaign itu layak diteruskan atau dimatikan, dasar-dasar itu lah sebenarnya yang teman-teman harus miliki, sehingga kalaupun rugi pada saat beriklan, anda tau kapan harus keluar dari permainan.

3.      Budget Saya Cukup Buat Matengin Pixel, Kalau Pixel Mateng Pasti Untung

Pemikiran seperti ini banyak sekali saya temukan pada mereka yang saya gelari “newbie berbulu mastah”, hahaa.. just kidding guys. Mereka sebenarnya telah banyak belajar teknik facebook ads, namun dalam PASTI sedikit sekali praktek.

Pada kenyataannya ketika kita sudah spent jutaan untuk iklan dan mendapakan banyak data tracking pixel dan dijadikan costum audience serta dikatakan pixelnya “MATANG” itu belum menjamin lho iklan itu tidak merugi. Nggak percaya ? coba aja sendiri… hehehe. Konsep seperti ini memang ada, namun sebenarnya ini adalah optimasi facebook. Facebook memilki 2 jenis optimasi untuk konversi yaitu 50 klik konversi dalam 7 hari atau 50 klik konversi dalam 1 hari. Untuk pembahasan ini mungkin lain waktu aja yah saya bahasnya.

Namun sebelum kita masuk ke dalam optimasi tersebut, ada parameter-parameter yang harusnya dijadikan patokan terlebih dahulu dibandingkan dengan optimasi tersebut, contohnya produknya, targetingnya, funnel, adcopynya, authority amplifiyernya dan masih banyak factor lain yang sebelum kita ingin mengoptimasi iklan kita di facabook ads.

Terkadang kebanyakan orang termakan dengan ilmu “maturing pixel” tersebut sehingga mereka habis-habisan “bakar duit”, dan tidak dapat apa-apa. Ibarat pepatah “bersakit-sakit dahulu, mati kemudian”..hehe

Pahami baik-baik strateginya, kapan memulai, kapan menunggu, kapan scaling dan kapan harus exit dari permainan.

4.      Abis ngiklan, rugi dan berfikir Facebook gak Work

Mungkin teman-teman pernah mendengar tentang sebuah ungkapan “ orang gagal cenderung blame, excuse dan justify (menyalahkan, mencari alasan dan membenarkan)”.

Jika teman-teman termasuk memiliki mindset seperti ini, maka segera sadari jika terus-menerus dengan mindset seperti itu maka teman-teman akan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang gagal. Gak mau kan pastinya.

Oleh karenanya harus dipahami, bahwa facebook adalah sebuah tool marketing. Analoginya seperti sebuah kereta berkuda yang dipakai untuk perang yang mengantarkan kita ke sasaran perang kita. Kita harus pandai menggunakan dan mengendalikannya. Sadari bahwa kereta kuda tadi, tugasnya hanya mengantarkan kita ke arah musuh kita. Tugas untuk mentarget / menyerang musuh adalah tugas anda.

Begitupun dengan facebook ads. Ini adalah sebuah alat untuk menjangkau calon prospek teman-teman. Facebook bukan alat ajaib yang otomatis membuat orang-orang yang dijangkaunya langsung membeli produk/jasa yang diiklankan.  Di ada factor lain yang menentukan keberhasilan anda seperti produknya bagus atau tidak, pembuatan ad copy dengan copywriting yang menarik, pemilihan gambar atau video, sampai target marketnya. Semua itu anda sendiri yang menentukannya.

Jadi ketika iklan facebook gak work maka jangan gampang nyalain facebook yah.. J

5.      Coba-coba Untung Berhadiah, sapa Tau Untung

Nah ini adalah mindset yang parah banget. Orang ini pengen nyoba FB ads, tanpa belajar dulu dan tanpa mau juga mempelajari. Ya prinsipnya kalau untung berate memang rejekinya disitu, kalo enggak berati bukan rejekinya.  Kebanyakan sih klo yang begini boro-boro dapat untung, banyak ruginya.

Kenapa demikian? Mungkin sekali ngiklan, pas produknya bagus dan pas yang ditarget tepat maka dia untung. Di lain waktu ketika ganti produk, dan targetnya nggak pas, maka bisa jadi rugi.

Jadi kesimpulannya Mindsetnya Harus Bagaimana?

Teman-teman harus memahami kalau facebook ads itu adalah seperti sebuah kereta kuda untuk perang, mengantarkan kita mendekat ke arah musuh, namun untuk menaklukan musuh itu anda sendirilahyang berperan. Ada factor lain yang menjadi factor penentu kemenangan perang tersebut, seperti strategy, jumlah amunisi, serta jumlah pasukan.

Begitu juga dengan facebook ads, tugasnya adalah mengantarkan iklan anda kepada orang-orang yang anda target. Masalah produk / jasa anda diminati atau tidak itu banyak factor lain yang menentukan, seperti funnel, ad copy, ad creative serta produknya itu sendiri.

Nah mau dapat gambaran lebih mengenai Facebook Ads? Ayo dapatkan tips dan tutorial Facebook ads secara gratis!

KLIK DI SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *